23 Manfaat Jeruk Nipis Yang Harus Kita Ketahui


Sedikit dari kita yang mengetahui manfaat dari jeruk nipis selain sebagai penyedap rasa pada masakan, ternyata ada banyak manfaat yang terkandung pada jeruk nipis dan tentunya sangat berpengaruh pada tubuh kita.

Di dalam jeruk nipis terkandung unsur-unsur senyawa kimia yang bemanfaat, seperti asam sitrat, asam amino (triptofan dan lisin), minyak atsiri (limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, lemon kamfer, kadinen, aktialdehid dan anildehid), vitamin A, B1 dan vitamin C.

Nah,. berikut ini ada 23 manfaat jeruk nipis yang bermanfaat bagi tubuh kita.
  1. Menurunkan Berat Badan
    Jeruk nipis merupakan buah yang sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Kandungan asam yang tinggi akan meluruhkan lemak yang dikonsumsi secara mudah sehingga sangat disarankan untuk di konsumsi sehari hari khususnya sesudah menyantap berbagai makanan tinggi akan lemak dan kolesterol tinggi seperti gorengan, gulai, kari dan sebagainya.
  2. Mencegah Produksi Zat Apo B
    Kandungan limonin tinggi dalam jeruk nipis juga ampuh untuk mencegah produksi zat apo B lewat sel hati. Zat apo B yang semakin tinggi juga akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh yang pada akhirnya juga akan menambah berat badan anda. Konsumsi air perasan jeruk nipis setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menghambat produksi zat ini terlalu berlebihan.
  3. Detoksifikasi Tubuh
    Manfaat jeruk nipis lainnya untuk diet sehat adalah mengandung detoksifikasi yang sangat ampuh dimana jeruk nipis akan mengeluarkan berbagai zat beracun yang tidak dibutuhkan tubuh dengan mudah termasuk penumpukan lemak dan kotoran dalam usus. Pencernaan akan jauh lebih lancar dan akhirnya kesehatan tubuh bisa dijaga dengan baik.
  4. Menangkal Radikal Bebas
    Kegunaan jeruk nipis berikutnya untuk diet adalah mampu mencegah radikal bebas berbahaya. Kandungan antioksidan tinggi dalam buah sitrus ini sangat disarankan khususnya bagi seseorang yang sering terpapar polusi seperti asap kendaraan, asap rokok, debu dan sebagainya.
  5. Mengurangi Rasa Lapar
    Jeruk nipis yang di konsumsi secara langsung akan membuat perut terasa kenyang lebih lama sebab peran jeruk nipis sebagai polisakarida non pati yang berhubungan dengan tingginya serat dalam buah jeruk nipis. Mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur khususnya sesudah makan berat sangat baik untuk mengontrol lambung agar kenyang lebih lama sehingga mencegah anda mengkonsumsi makanan ringan dan akhirnya berat badan bisa turun dengan mudah.
  6. Membakar Lemak
    Kandungan asam sitrat atau citric acid dalam jeruk nipis adalah xat antioksidan yang sangat tinggi dimana asam sitrat adalah pemberi rasa asam pada beberapa jenis buah. Zat asam ini sangat membantu dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi sumber energi. Lemak tubuh yang tidak dapat di metabolisme akan menumpuk dan menambah berat badan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini akan membakar atau memetabolisme lemak dalam tubuh sehingga disarankan untuk di konsumsi dalam menu program diet.
  7. Melancarkan Pencernaan
    Kegunaan jeruk nipis untuk diet selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Pada saat seseorang menjalankan diet, maka tentunya akan mengurangi konsumsi makanan dibandingkan hari hari biasanya. Dengan mengurangi makanan dan menambah asupan dengan jeruk nipis, maka pencernaan akan bekerja lebih efektif dan nutrisi bisa diserap oleh tubuh lebih banyak lagi dan juga menjadi solusi maag.
  8. Menjaga Kadar Gula
    Jeruk nipis juga sangat ampuh untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh dimana sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh menyeluruh. Apabila kadar gula darah terlalu berlebihan maka bisa menyebabkan diabetes dan mengkonsumsi jeruk nipis menjadi jalan terbaik untuk mengurangi penyerapan gula darah sehingga rasa lapar juga akan berkurang dan memudahkan anda dalam menjalani diet serta mengurangi porsi makan anda.
  9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Saat sedang menjalani diet, ada kemungkinan tubuh juga kekurangan beberapa nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis, maka kebutuhan manfaat vitamin C harian anda akan terpenuhi sehingga sistem kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dan kuat menghadapi berbagai serangan penyakit dan tetap fit selama menjalani program diet.
  10. Mencegah Sembelit
    Kandungan asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis sangat ampuh untuk mengatasi sembelit. Asam sitrat ini akan bertugas untuk membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan kinerja pencernaan yakni gerakan peristaltik yakni gerakan mendorong makanan ke arah bawah. Dengan ini, maka anda akan jauh dari masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.
  11. Mencegah Penyakit Jantung
    Diet tidak hanya berhubungan dengan penurunan berat badan namun berkaitan juga dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jeruk nipis yang juga tinggi akan magnesium dan potassium ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium secara alami akan menurunkan tekanan darah dan juga memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan juga stroke. Sementara senyawa kapur yang disebut dengan limonin dalam jeruk nipis sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang berhubungan dengan berat badan. Tekanan darah tinggi yang dikombinasikan dengan kolesterol tinggi bisa menjadi keras dan akhirnya mempersempit pembuluh darah lalu meningkatkan beberapa risiko penyakit berbahaya.
  12. Mencegah Kanker 
    Menumpuknya lemak dalam tubuh juga berpengaruh terhadap risiko salah satu penyakit paling mematikan di dunia yakni kanker. Kanker yang merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol dan berkembang di beberapa area tubuh seperti paru paru, payudara dan juga ginjal akan meningkatkan risiko kanker. Sifat antioksidan tinggi dalam jeruk nipis ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel sehat sekaligus memperbaiki sistem kekebalan tubuh sebagai solusi kanker terbaik.
  13. Mengurangi Radang 
    Asam urat, arthritis dan juga berbagai masalah sendi lainnya bisa terjadi karena disebabkan peradangan. Vitamin C tinggi dalam jeruk nipis sangat baik di konsumsi untuk mengurangi tingkat peradangan sehingga bisa meringankan gejala arthritis serta kondisi serupa yang menjadi penyebab nyeri sendi dan kaku. Selain itu, jeruk nipis juga efektif untuk mengurangi kadar asam urat untuk memecah asupan makanan yang mengandung purin.
  14. Menyembuhkan Ulkus Peptik
    Selain mengandung vitamin C, dalam lemon juga mengandung senyawa flavonoid yakni limonoida seperti limonin glukosida yang merupakan sumber antioksidan, anti karsinogenik, antibiotik dan juga detoksifikasi yang akan merangsang proses penyembuhan ulkus peptik dan oral.
  15. Melawan Bakteri Berbahaya
    Dalam sebuah studi menunjukkan jika jeruk nipis sangat ampuh untuk melawan bakteri berbahaya seperti salah satunya adalah E coli yang bisa menyebabkan keracunan berbahaya dan berpengaruh langsung pada kesehatan pencernaan.
  16. Menjaga Organ Hati   
    Manfaat antioksidan tinggi dalam jeruk nipis juga sangat ampuh untuk menjaga arteri tetap dalam keadaan yang sehat. Arteri sehat ini sangat penting untuk membawa darah ke organ jantung dan dalam sebuah studi membuktikan jika kandungan antioksidan dalam jeruk nipis sangat berguna untuk memperlambat proses atherogenesis yaitu penumpukan plak pada dinding arteri.
  17. Menghidrasi Sistem kelenjar Getah Bening 
    Mencampur jeruk nipis dengan air hangat sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menghidrasi dan menggantikan cairan yang hilang. Jika tubuh kekurangan cairan, maka akan timbul beberapa efek samping seperti lemas, lesu, menurunnya fungsi kekebalan tubuh, konstipasi, tekanan darah rendah atau tinggi, kurang tidur dan juga masalah mental sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat secara teratur.
  18. Mengatasi Arthritis 
    Arthritis bisa terjadi karena adanya akumulasi asam urat terlalu berlebih dalam tubuh. Asam urat tersebut merupakan produk limbah yang umumnya ikut terbuang bersama dengan buang air kecil. Namun, jika asam urat dalam tubuh kadarnya terlalu berlebihan, maka akan timbul rasa sakit dan pembengkakan artritis. Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis ini sangat baik untuk melarutkan asam urat sehingga bisa dibuang bersama dengan urine sekaligus mengandung anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan.
  19. Mengatasi Demam 
    Air jeruk nipis juga memiliki sifat reduksi alami yang sangat baik untuk mengatasi demam sedang sampai tinggi sekaligus mencegah masuk angin. Mengkonsumsi air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis ini akan menurunkan suhu hingga batas normal yang dibantu juga dengan kandungan vitamin C dalam jeruk nipis.
  20. Mengatasi Sisitis
    Sisitis atau sering dikenal juga dengan sebutan infeksi saluran kemih merupakan radang kandung kemih yang terjadi karena tidak menjaga kebersihan atau rekasi alergi terhadap beberapa jenis obat dan juga terapi radiasi. Kandungan potassium tinggi dalam jeruk nipis sangat baik untuk menghilangkan racun dan presipitat yang berkumpul dalam ginjal dan juga kandung kemih. Jeruk nipis juga bermanfaat sebagai disinfektan yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi saluran kemih. Selain itu, jeruk nipis juga berguna untuk mencegah pertumbuhan zat penyumbat urin yang mengakibatkan deposit kalsium pada saluran kemih.
  21. Menurunkan Kadar Kolesterol  
    Jeruk nipis juga mengandung flavonoid yakni hesperidin yang sudah terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dan juga trigliserida dalam tubuh. Apabila seseorang memiliki tingkat kolesterol jahat yang terlalu berlebihan, maka disarankan untuk meningkatkan kadar hesperidin dengan cara mengkonsumsi jeruk nipis.
  22. Meningkatkan Kesehatan Wanita 
    Salah satu jenis buah sitrus ini juga mengandung folat serta kalsium yang sangat dibutuhkan wanita pasca menopause dan juga dalam usia subur. Wanita yang sedang berada dalam fase tersebut sangat disarankan untuk mengkonsumsi jeruk nipis dalam diet untuk memberikan kelegaan dan mengatasi rasa lelah yang terjadi.
  23. Mengatasi Gangguan Pernafasan 
    Selain sari jeruk nipis, bagian kulit jeruk nipis yang di ekstrak mengandung flavonoid tinggi yang bisa digunakan sebagai obat anti kongestif seperti balsem dan inhaler sebab mengandung kaempherol. Menghirup aroma dari ekstrak kulit jeruk nipis ini sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat dan juga rasa mual dalam waktu yang cepat.
Jeruk nipis sangat baik dikonsumsi secara rutin, baik dengan perasan jeruk nipis, ataupun ekstrak kulit jeruk nipis, semuanya sangat berguna untuk tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 Manfaat Jeruk Nipis Yang Harus Kita Ketahui "

Post a Comment